Penyebab Dari Penyakit Radang Gusi

Penyebab Dari Penyakit Radang Gusi – Radang gusi merupakan salah satu gangguan yang terjadi di mulut yang ditunjukkan dengan gejala seperti gusi yang memerah, mengalami pembengkakan, terlihat mengilap, dan juga licin. Radang gusi biasanya mudah berdarah disaat Anda melakukan seikat gigi misalnya. Radang gusi bisa menyebabkan gigi copot. Penyebab dari penyakit radang gusi disebabkan karena plak yang mengumpul pada gigi. Kemudian gusi kembali bereaksi dengan gejala memerah dan membengkak. Biasanya penyakit ini tidak akan terasa sakit pada tahap awal, oleh sebab itulah banyak orang yang menyepelekan dan mengabaikan radang gusi ini.

Penyebab Dari Penyakit Radang Gusi

Penyebab Dari Penyakit Radang Gusi

 Penyebab Radang Gusi

Sedangkan penyebab dari penyakit radang gusi pada anak, biasanya disebabkan karena kebiasaan menyikat gigi yang salah pada anak. Jika kebiasaan sikat gigi dilakukan dengan benar, maka kemungkinan kecil anak akan mengalami radang gusi.

Penyebab dari penyakit radang gusi ini adalah kebersihan mulut yang buruk. Sisa-sisa dari makanan yang menumpuk dan tidak dibersihkan dengan benar, hal ini bisa menyebabkan bakteri atau plak menumpuk. Cara mengatasi radang gusi jika gusi Anda sudah berdarah adalah dengan mengambil daun bayam duri, kemudian dibakar dan tumbuklah hingga halus hingga menjadi bubuk. Cara memakainya adalah dengan mengoleskan bbuk tersebut pada bagian yang terluka dan pada bagian yang berdarah.

Cara mencegah penyakit radang gusi juga bisa dilakukan dengan mencegah terjdinya pembusukan gigi. Cara ini dilakukan dengan menggosok dan menyikat gigi secara teratur. Hal ini dilakukan untuk mencegah terjadinya plak menumpuk. Konsumsilah makanan dan minuman yang sehat yang tidak akan mengganggu kesehatan gigi. Lakukan juga pemeriksaan gigi ke dokter gigi secara teratur sebagai salah satu bentuk kegiatan yang rutin dari keluarga.

Jika Anda menggosok gigi, maka sikatlah gigi di bagian darah sekitar gusi dengan tujuan untuk menghilangkan plak yang menumpuk pada daerah tersebut dan juga untuuk  membersihkan celah gigi.

Pembengkakan yang terjadi pada gusi atau yang disebut dengan gingitivis adalah bisa diakibatkan karena infeksi jamur dan juga serangan virus yang bisa berpotensi untuk menyebabkan terjadinya pembengkakan pada gusi. Selain itu, jika Anda mempunyai masalah dengan penyakit herpes, maka kondisi akan semakin parah yang disebut dengan kondisi herpes akut gingivostomatitis yang bisa mengakibatkan terjadinya pembengkakan pada gusi. Oral thrush merupakan salah satu bentuk atau hasil dari pertumbuhan yang terjadi secara berlebihan pada jamur alami yang ada di dalam mulut dan bisa mengakibatkan trjadinya pembengkakan pada gusi dan juga mengalami gusi berdarah.

Obat Radang Gusi

Obat radang gusi adalah dengan cara :

  1. Menyikat gtigi dan juga menggunakan flossing dengan cara yang lembut, sehingga tidak bisa membantu mengiritasi bagian gusi
  2. Berkumur dengan cara menggunakan larutan air asin sebagai salah satu obat radang gusi alami, gusi dan juga rongga mulut atau terhindar dari serangan bakteri.
  3. Obat radang gusi selanjutnya adalah minum air putih yang banyak dalam membantu menyiram mulut dari serangan bakteri. Selain itu, air juga bisa membantu merangsang produksi dari liur, yang bisa membantu membunuh serta menghilangkan bakteri yang menyebabkan terjadinya pembengkakan pada gusi.
  4. Menghindari terjadinya iritasi, dan termasuk salah satunya adalah hindari pemakaian obat kumur yang terlalu keras, minum alkohol, dan jangan merokok tembakau.
  5. Anda bisa menempatkan kompres hangat yang diletakkan pada bawah pipi bagian gusi yang mengalami pembengkakan untuk membantu mengurangi dari rasa sakit yang muncul pada gusi.

Minum obat radang gusi :

  1. Obat radang gusi yang bisa membantu menghilangkan nyeri atau rasa sakit, akibat pembengkakan yang terjadi pada gusi biasanya menjadi sakit maka bisa dibutuhkan obat analgetik yang bisa membantu meredakannya yang setidaknya bisa membantu membuat tidur menjadi lebih nyenyak. Banyak dari obat analgetik yang saat ini dijual bebas, misalnya adalah seperti ibuprofen, asam mefenamat, metampiron atau antalgin. Sebaiknya sebelum Anda meminumnya Anda harus membaca brosurnya terlebih dahulu.
  2. Obat antibiotik
    Obat ini diberikan untuk pembengkakan pada gusi yang disebabkan oleh infeksi bakteri yang kasusnya parah dan membutuhkan obat antibiotik yang bisa membantu untuk membunuh bakteri penyebab dari radang gusi, selai itu penggunaan obat radang gusi ini juga harus sesuai dengan anjuran dan resep tokter.
  3. Obat anti radang
    Obat anti radang ini bisa membantu mengurangi terjadinya pembengkakan yang muncul karena radang yang bisa menggunakan anti radang steroid yang misalnya adalah seperti dexametason dan lain sebagainya. Namun, harus diminum sesuai dengan yang diresepkan oleh dokter.

Hal yang harus dilakukan jika Anda mengalami masalah radang gusi adalah dengan menggosok gigi atau flossing yang dilakukan dengan cara yang teratur. Yang paling utama adalah setelah makan atau juga sebelum tidur. Anda bsia mengunjungi dokter gigi paling tidak dilakukan setiap 6 bulan sekali dalam membantu membersihkan plak atau juga membersihkan karang gigi. Jika memang Anda menderita masalah mulut kering yang bisa meningkatkan resiko terjadinya penumpukkan plak dan karang gigi yang berpotensi menyebabkan bau mulut maka sebaiknya Anda melakukan konsultasi dengan dokter Anda mengenai obat kumur atau juga mengenai pasta gigi apa yang cocok yang bisa membantu mengatasi masalah kondisi Anda.

Penyebab Dari Penyakit Radang Gusi


=====================================

>>> Obat Kumur Herbal Untuk Mencegah Sakit Gigi, Gigi Berlubang, Radang Gusi, Bau Mulut dan Lainnya, Klik Detail Disini!
=====================================


This entry was posted in Obat Radang Gusi and tagged , , , , , , , , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *